Rabu, 05 Oktober 2011

TIPS BELAJAR GITAR



Tips & Artikel Berguna Untuk Anda


Tips Belajar Gitar


Minimnya skill bermain gitar membuat suasana fellowship di berbagai persekutuan kantor kadang jadi kaku dan kurang bergairah. Skill semacam ini memanng tidak hanya didapat dalam waktu singkat. Tapi 5 jurus singkat gL! di hawah ini mungkin dapat membantu jika Anda melatih Belajar Gitar secara konsisten selama minimal 3 hulan, dan setiap harinya selamma 1 hingga 2 jam.
Jurus 1: jangan Lupa Kunci
Kunci adalah nyawa dari permainan gitar. Tanpa kunci, meski kita tahu semua jurus ritem, dijamin kita tidak akan pernah tahu bunyinya seperti apa. Pelajarilah semua kunci dasar seperti C, D, E, F, (3, A, B) beserta semua bentuk minor dan #nya (kecuali untuk kunci B memakai bentuk Bb). Biasanya buku tentang kunci-kunci ini dijual bebas di pasaran. Satu tips yang patut diingat, sebenarnya bentuknya begitu-begitu saja. Jangan dibuat pusing dengan nama-nama yang berbeda. Contoh: bila kunci C digeser sejauh 2 fret akan menghasilkan kunci D, padahal bentuknya sama, hanya letaknya yang berbeda.
Jurus 2: Dua Teknik Dasar
PETIKAN: Ketika memetik gitar, tidak perlu membayangkan harus seperti lagu “KKEB”-nya Andre Hehanusa atau “Tears In Heaven”-nya Eric Clapton. Sebaliknya, petiklah dengan sederhana seperti 3 contoh berikut ini:
Perhatikan posisi jari: jari jempol untuk 3 senar bas, sedangkan 3 senar lainnya dipetik oleh 3 jari pada gamhar.
Penyederhanaan: jari jempol=1, jari telunjuk=2, jari tenguh=3 dan jari minis=4.
1. 1-2-3.4.3-2 dengan l berpindah-pindah bas
2. 1-2-3-4-2 dengan 34 dipetik bersamaan
3. 1.234 dengan 234 dipetik hersamaan sebanyak 3x.
Setelah Anda nmencoba ketiganya, GABUNGKAN SEMUA TEKNIK! Memainkan lagu KKEB bukan impian lagi.
RITEM: Ini hal yang sebetulnya sederhana. Kalau pengamen jalanan saja tekniknya bagus, mengapa kita tidak? Alasan utama ketidak-mampuan ini adalah kurangnya latihan. Jika Anda sungguh serius, sisihkan waktu untuk melatihnya minimal 1 jam sehari. Latihan: Untuk ritem sederhananya dibagi menjadi ritem ke bawah dan ke atas. Untuk ke bawah= l dan ke atas=2.
1. 1-1-2-2-1
2. 1-2-2-1-2-2-1
Jurus 3. Jangan Lupa Bawa Buku Nyanyian
Sekarang buku lagu-lagu Praise & Worship yang lazim digunakan dan sudah banyak dijual bebas di pasaran. Biasanya apa yang tertera di buku-buku semacam ini sudah disederhanakan sehingga menyanyikannya pun mudah saja.
Jurus 4: Berlatih Running Chord Untuk Bermazmur
Sebelum kita bisa membawa orang lain agar mengalami saat yang indah dalam memuji & bermazmur bagi-Nya, kita harus mengalaminya terlebih dulu. Cobalah untuk berdiam diri dengan bermazmur bagi-Nya dengan menggunakan running chord 4/4 seperti misalnya (jika bermain di kunci C): C-F, C-AmDm-G, F-Em-Dm-G. Semakin sering dilantunkan, feeling Anda akan semakin terasah dan Anda akan terheran-heran melihat perkembangan skill Anda.
Jurus 5: Percaya Diri
Percaya diri! That’s the best thing. Walau Anda banyak melakukan kesalahan (terutama biasanya salah kunci), lanjutkan saja dengan tertawa bersama teman-teman Anda. Dijamin, mereka semua pasti ikut tersenyum. Toh pada akhirnya, bukan permainan gitar/nyanyian kita yang diterima oleh-Nya, tapi kesungguhan hati kita.**
Promosikan Usaha Anda di Iklan Gratis 88DB.com

Kapan Saat Tepat Anak Ikut Les Musik

MUSIK bermanfaat untuk rileksasi dan ketenangan sehingga anak siap berkonsentrasi. Musik pun mampu mengoptimalkan perkembangan otak kiri dan kanan sehingga membantu proses penyerapan otak dalam belajar. Ketahui waktu yang tepat mengikutkan anak pada les musik.
Penasaran apakah anak Anda siap untuk menerima Les Musik? Ataukah sekarang dia sudah les musik, tapi minta berhenti? Jawaban untuk berbagai pertanyaaan sederhana membantu Anda membuat keputusan tersebut, dan Sheknows punya jawabannya.
Pertanyaan sederhana yang harus dijawab
Pertanyaan pertama yang harus Anda ajukan pada si kecil adalah apakah ia tahu mana tangan kanan dan mana tangan kiri. Anak juga harus bisa berhitung dari 1-10, tahu, dan mengenal huruf A-Z. Demikian menurut Liz Nealon, General Manager KIDZ BOP, perusahaan yang memproduksi musik untuk anak usia 5-12 tahun di Amerika Serikat.
Dikatakannya, bermain musik menyaratkan tingkatan koordinasi sensor motorik yang baik. Bisakah anak Anda memainkan jari-jemarinya, misal menggenggam pensil? Apakah tubuhnya cukup besar untuk duduk di kursi piano dan bisa menekan tuts piano dengan nyaman?
Anak-anak juga butuh tingkat kematangan yang baik saat mulai les musik. Setidaknya mereka harus bisa konsentrasi selama kursus, minimal 30 menit tiap pertemuan, dan mengikuti arahan guru lesnya.
Tanyakan pula pada diri Anda, apakah ia cukup matang untuk menghadapi frustasi dan latihan tekun untuk meningkatkan kemampuannya. “Penelitian membuktikan bahwa tak ada manfaat nyata untuk mulai mengajarkan musik pada anak sejak usia sangat muda. Anda bisa mulai saat usianya menginjak 8 atau 9 tahun,” kata Nealon.
Kuncinya latihan dan bersabar
Saat pertanyaan-pertanyaan di atas terjawab positif, itu tandanya anak siap diikutkan les musik. Tapi, pekerjaan Anda belum selesai.
“Tugas orangtua berikutnya membantu mereka melewati tantangan yang akan dihadapi selama belajar. Memaksa anak untuk melanjutkan pengalaman tak menyenangkannya hanya akan menghilangkan minatnya terhadap musik,” tambahnya.
Minta berhenti
Kalau si kecil mengatakan ingin berhenti les musik, jangan langsung memarahinya. Tanyakan dan dengarkan masalah yang menyelimuti hatinya. Biarkan ia tahu bahwa Anda peduli dengan masalahnya. Cobalah memahami dan mengobservasi masalahnya sebelum membuat keputusan.
Kalau masalah terletak pada pengajarnya, ikuti satu atau dua kali pertemuan. Perhatikan bagaimana cara ia mengajar, apakah temperamennya mampu menjaga kesabaran anak-anak didiknya.
Nealon mengatakan, Anda harus memperhatikan pula jadwal aktivitas si kecil yang bisa jadi terlalu padat. “Bermain adalah pekerjaan anak-anak. Mereka butuh waktu dan ruang selayaknya anak kecil kebanyakan,” tuturnya.
Musik bisa jadi bagian penting dalam kehidupan anak Anda. Namun, Les Musik tak seharusnya menjadi sumber rasa frustasinya.
/lifestyle.okezone.com

Menumbuhkan Kecintaan Anak Pada Musik



Banyak orang tua yang mengirim anak-anaknya Kursus Musik, vokal, dan balet untuk memperluas wawasan musikal. Tapi bagaimana menumbuhkan kecintaan pada musik bagi anak-anak di bawah usia sekolah ?
Saluran TV untuk anak-anak preschool ternama di Inggris, Nick Jr, telah bergabung dengan lembaga pengembangan psikologi musik di Universitas Keele, Dr.Alexandra Lamont, untuk memberikan tips-tips bagi orang tua yang menginginkan anak-anak mereka dibawah usia lima tahun, memiliki minat musik (kursus musik) yang besar.
1. Berbagilah dengan anak selera musik kesukaan anda . Berbagi pengalaman musikal dan antusiasme dengan anak anda bisa dilakukan dengan cara memperdengarkan mereka musik kesukaan anda (kursus musik). Anda bisa sekaligus bercerita cerita soal musik kesukaan anda itu, dimana pertama kali anda mendengarnya, dan mengapa anda menyukainya.
Jangan langsung patah semangat bila anak anda tampak tak berminat. Coba terus ulangi musik (kursus musik) yang masih belum familiar itu beberapa kali, dan mereka akan menikmatinya nanti.
2. Gunakan musik dari aktivitas rutin mereka. Cermati rutinitas anak anda di luar rumah, misal di tempat penitipan anak, ketika bersama nenek kakeknya, dan libatkan mereka dalam aktivitas bersama (kursus musik).
Banyak anak yang memiliki pengalaman terbaik dengan musik saat mereka diasuh, mendengarkan jenis musik berbeda atau ikut menyanyikan lagu bersama. Bisa juga dengan menyanyikan lagu yang sama dalam perjalanan dengan mobil atau memutarkan musik serupa di rumah (kursus musik). Anak kecil menyukai sesuatu yang ***lang-ulang.
3. Cermati selera musik mereka. Perhatikan bila mereka menyampaikan opini mereka soal musik, lihat bagaimana mereka merespon nada-nada yang berbeda di dalam maupun di luar rumah, dan berbagilah situasi ini dengan mereka (kursus musik).
4. Cobalah memperdengarkan berbagai jenis musik yang berbeda, hingga anda menemukan musik apa yang paling menarik perhatian anak anda. Ini bisa berarti anak anda menghentikan kegiatan mereka ketika mendengar musik yang mereka suka, atau turut bernyanyi.
5. Beraktivitas fisik dengan musik. Menikmati musik berarti menjadi aktif. Putarkan beberapa permainan musik (kursus musik) yang melibatkan tepuk tangan, menari, bergoyang dan mengganti aksi anda ketika musik berganti mood atau kecepatan.
Intinya buatlah aktivitas pengenalan musik (kursus musik) ini menjadi sesuatu yang fun dan menyenangkan bagi anak anda.
kosmo.vivanews.com

Tips Memainkan Melodi pada Gitar

Banyak hal yang bisa kita lakukan dengan gitar, dari kita bisa bermain solo sampai grup atau duet.
Di dalam permainan gitar (Kursus Gitar) banyak variasi-variasi permainan, salah satunya adalah memainkan melodi. Memainkan melodi ini belum semua orang bisa dengan lancar, termasuk saya sendiri.
Mari kita belajar (kursus gitar) bersama bagaimana sih agar kita dapat memainkan melodi denan gitar.
Ini ada beberapa tips dan trik yang cukup mudah untuk dipraktekan, antara lain:
1. Yang pertama kalian harus belajar banyak dari orang lain yang kemampuannya di atas kalian, dengan cara observatif dan mempraktikannya dirumah dengan intensif atau bisa ikut kursus gitar.
2. Banyaklah sharing dengan orang-orang yang berwawasan luas tentang musik khususnya gitar, dan minta tolong kepada dia (kursus gitar) supaya mau mengajarkannya kepada anda;
3. Untuk para otodidak banyaklah beli-beli buku tentang musik, kalau saya boleh saran beli buku yang mengulas tentang scale dan arpegio pelajarilah dengan dinamis, serta intensif sampai kamu benar-benar hafal dan menguasainya;
4. Kamu-kamu juga harus sering dengerin musik yang banyak instrumennya kayak Dream theater, Paul gilbert, Joe Satriani, Steve Vai. Kalau perlu ulik tuh lagu, itu juga melatih feeling kamu supaya kamu lebih bisa berimprovisasi dengan baik;
5. Latihan minimal 3-4 jam/hari, latih terus jari-jemari kamu hingga keempat jarimu harmonis;
6. Senam jari (kursus gitar) harus sering dilakukan, biar jari-jari kamu tidak kaku, lakukan setiap pagi selama 30 menit saja;
7. Yang paling penting kamu harus bisa menguasai picking dan sweeping, karena teknik ini merupakan yang paling penting dari suatu melody, kalau kamu sudah lancar kedua teknik ini, kesananya bakalan lebih gampang. Soalnya saya juga belum sepenuhnya menguasai, karena tidak ada waktu buat latihan seharian, coz saya orang sibuk, jadi ini bakalan sangat sulit sekali, hahahahaha, sebenere seh ngga bisa, alasan aja sibuknya tuh
8. Pilihlah pick yang tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis, supaya picking yang kamu hasilkan bisa lebih bersih;
9. Coba anda bikin lagu sendiri dengan membuat instrumennya lebih berbobot, supaya daya improvisasi, feeling, dan inspirasi anda meningkat.
 Category | No Comments » Tak Berkategori

Panduan Belajar Teori Gitar/Keyboard untuk Pemula

Sekarang aku mau membahas sedikit tentang musik nih, naik yang sudah Les Musik/Kursus Musik ataupun belajar sendiri, lebih khususnya lagi buat yang mau belajar main gitar ataupun keyboard. Oke sekarang kita segera masuk yuk ke pelajaran pertama :p yaitu sekilas teori nada..tentunya semua teman teman juga sudah pada paham dan tahu kalau nada itu hanya ada 7 yaitu do,re,mi,fa,sol,la,si.. sebelum mempelajari bermain alat musik ada baiknya memahami itu dulu sehingga saat bermain alat musik seperti gitar dan keyboard kita bisa mengaplikasikan nada tersebut ke dalam alat musik. nah yang berikut ini juga penting dipahami yaotu jarak antar nada yang bisa varius gambarkan seperti berikut: lihat Tempat Les Musik dan Musik Course1 2 3 4 5 6 7 8W W H W W W Hmaksudnya W adalah Whole step yang artinya jarak penuh bila kita aplikasikan pada gitar atau keyboard, dan H adalah jarak setengah..tentu teman2 sering mendengar kan kalau dalam musik ada istilah major dan minor. diagram diatas adalah formula untuk major(perhatikan angka 1,2,3 dst dan WWHWWWH(ini adalah formulanya).Gini contohnya nih…misal kita ambil nada dasar pada kunci C maka diagramnya akan menjadi1 2 3 4 5 6 7 8C D E F G A B CW W H W W W HMaksudnya adalah jarak dari C ke D adalah 1 nada penuh, misal kita aplikasikan pada gitar artinya adalah jarak 2 fret dari nada dasar yang disini adalah C, dan contoh untuk H yaitu dari nada ke 3 menuju ke 4 yang ini adalah nada E ke F yaitu jaraknya adalah setengah nada yang pada gitar adalah jarak 1 fret. (Tempat Kursus Musik)harap dipahami, teori ini juga bisa diaplikasikan pada keyboard,bass,biola, dan semua alat musik melodi lainnya…Contoh 2:Misal kita ambil nada dasarnya A maka jadinya adalah seperti berikut1 2 3 4 5 6 7 8A B C# D E F# G# AW W H W W W HJadi apapun nada dasarnya bentuk nada dari 1-7nya akan sesuai dengan formula
WWHWWWH
nah dalam musik nada pembentuk accord major dasar adalah do,mi dan sol yaitu 1,3,5 nih contohnya pada gitar kita mainkan kunci C major: nada 1(do) pada kunci C di gitar ada pada senar 5 fret 3 nada 3(mi) pada kunci C ada pada senar 4 fret 2 dan nada 5(sol). Lihat juga Tempat Les Musik dan Kursus Musik.ada pada senar 2 fret 1, bila diaplikasikan ke kunci balok maka tetap saja yang dipakai adalah 1,3,5 walau jadinya seperti ini 1,5,3,1,5 tetap saja kan yang dipakai hanya nada do mi sol!… ini adalah dasar untuk membentuk accord pada gitar maupun keyboardE————-B——–1—-G————-D—–2——-A—3———E————-nntuk pembentuk nada minor formula 1,2,3 nya akan menjadi seperti ini1 2 b3 4 5 b6 b7 8contoh untuk nada dasar A tangga nada minornya adalah1 2 b3 4 5 b6 b7 8A B C D E F G Atanda b pada angka 3,6 dan 7 artinya turunkan setengah nada tersebut…contoh lain untuk nada dasar E minot1 2 b3 4 5 b6 b7 8E F# G A B C D Ejadi kesimpulannya jika ingin membuat tangga nada mayor ataupun accord mayor maka formulanya adalah 1,2,3,4,5,6,7,8 (WWHWWWH)dan untuk minor adalah 1,2,b3,4,5b6,b7,8Ok Sekian dulu yah….semoga bermanfaat sekilas teori ini…nb: Jika kalian mau belajar bermain gitar/Tempat Les ada baiknya kalian mengetahui dasar2 ini karena dengan memahami itu semua kalian tidak akan menjadi pemain gitar yang hanya bisa bermain dengan menggunakan buku (seperti buku buku kunci gitar untuk lagu) tetapi kalian akan mempunyai feeling sendiri….dan mampu berimprovisasi dan juga mampu membuat accord sendiri dengan menguasai teori2 tersebut… nanti saya sambung lagi dengan pelajaran berikutnya…. :D (Tempat Kursus Musik)


do re mi fa sol la si do’













Tidak ada komentar:

Posting Komentar