Selasa, 03 Juni 2014


TEORI MUSIK JAZZ

Posted by JAZZ ONLY at 10:50 PM
Anda dapat memainkan interval tidak hanya satu interval, tapi anda dapat mengkombinasikan dengan interval yang lain. Gabungkan antara satu Third interval dengan Third interval yang lain, Ini akan menghasilkan triad. Triad adalah bentuk chord dasar yang paling sederhana.
1. Gabungkan Major 3rd dengan Minor 3rd diatasnya akan menghasilkan Major Triad. Contoh pada bar 1Sehingga konstruksi yang membentuk chord C major adalahC-E-GInterval C ke E :Major 3rd Interval E ke G:Minor 3rd
2. Gabungkan Minor 3rd dengan Major 3rd diatasnya akan menghasilkan Minor Triad. Contoh pada bar 2Sehingga konstruksi yang membentuk chord C Minor adalahC-Eb-GInterval C ke Eb: Minor 3rd Interval Eb ke C:Major 3rd
3. Gabungkan dua Minor 3rd diatasnya akan menghasilkan Diminished Triad. Contoh pada bar 3Sehingga konstruksi yang membentuk chord C dim adalahC-Eb-GbIntervalC ke Eb :Minor 3rd Interval Eb ke Gb:Minor 3rd
4. Gabungkan dua Major 3rd akan menghasilkan Augmented Triad. Contoh pada bar 4Sehigga konstruksi yang membentuk chord C aug adalahC-E-G#Interval C ke E : Major 3rd Interval E ke G#: Major 3rd
Cobalah mainkan masing-masing chord tersebut. Ini akan menghasilkan efek emosional yang berbeda. Contohnya saat memainkan chord Major anda akan merasa bahagia, kuat, senang. Saat memainkan chord minor anda akan merasa sedih, tragis, bawaannya melamun, ingat akan kisah cinta anda yang tidak kesampaian (apa sih… hehe). Saat mendengarkan chord Diminished anda akan merasa gelisah. Saat mendengarkan chord Augmented anda akan merasa suasana yang memberi kesan sepi. Hening.

Interval Inversion
Apabila kita pindahkan nada root/awal satu oktaf ke atas maka akan terbentuk interval baru yang disebut, INTERVAL INVERSION, Hal ini berlaku untuk setiap interval dan tidak mempengaruhi fungsi interval.
Kita ketahui interval antara C dan D adalah second major.
Bagaimana kalau kita pindahkan C menjadi satu oktaf di atasnya. Seperti di bawah..

Dapat kita lihat Interval inversion akan mengubah nilai jarak interval. Sebelumnya jarak interval dari C ke D adalah adalah second major, dan Jarak dari D ke C adalah minor seventh. Jarak interval major akan menjadi minor, demikian pula sebaliknya.
Perkecualian untuk perfect interval. Interval inversion untuk perfect four adalah perfect fifth dan demikian pula sebaliknya. Karena itu mereka disebut perfect. Maksudnya intervalnya tidak berubah dari major ke minor, ataupun minor ke major.
Bila kita perhatikan lebih lanjut semua nya berjumlah 9…??? Maksudnya dari interval awal ditambah dengan interval berikutnya menjadi 9, contoh:
C ke D : Major 2ndD ke C : Minor 7th
2 + 7 = 9…
Yang dibawah adalah mengenai diatonic interval. Selanjutnya saya coba untuk menulis mengenai chromatic Interval. Untuk menuju tahap ini kayanya kita perlu untuk mundur dikit bentar.Scale terbentuk dengan jarak interval setengah nada "Half Step"(H) dan Satu nada "Whole Step"(W)Ini adalah jarak interval dari nada ke nada pada scale C Major DiatonicC D E F G A B CW W H W W W HNilai interval antara dua nada dapat berubah apabila jarak interval diperkecil atau diperbesar "Half step", contoh:Jarak dari C ke D adalah "Major Second" atau berjarak dua half step apabila diperkecil satu Half step berubah menjadi "Minor Second"Jarak dari C ke G adalah " Perfect Fifth" atau berjarak tujuh half step apabila diperkecil satu Half step berubah menjadi "Diminished Fifth", dan apabila "Perfect fifth" dinaikkan setengah nada menjadi "Augmented Fifth"Chromatic interval berbeda dengan diatonic interval yang mempunyai jarak nada "Half step" dan "Whole step", pada "Chromatic interval" jarak antar semua nada berjarak "half step"Chromatic interval dari Root C:C ke C UnisonC ke Db Minor SecondC ke D Major SecondC ke Eb Third SecondC ke E Major ThirdC ke F Perfect FourC ke Gb Diminished FifthC ke G Perfect FifthC ke G# Augmented FifthC ke A Major SixC ke Bb Minor SeventhC ke B Major SeventhC ke C OctaveIni adalah nama dari interval-interval yang umum digunakan.

Yang diatas adalah mengenai diatonic interval. Selanjutnya saya coba untuk menulis mengenai chromatic Interval. Untuk menuju tahap ini kayanya kita perlu untuk mundur dikit bentar.Scale terbentuk dengan jarak interval setengah nada "Half Step"(H) dan Satu nada "Whole Step"(W)Ini adalah jarak interval dari nada ke nada pada scale C Major DiatonicC D E F G A B CW W H W W W H Nilai interval antara dua nada dapat berubah apabila jarak interval diperkecil atau diperbesar "Half step", contoh:Jarak dari C ke D adalah "Major Second" atau berjarak dua half step apabila diperkecil satu Half step berubah menjadi "Minor Second"Jarak dari C ke G adalah " Perfect Fifth" atau berjarak tujuh half step apabila diperkecil satu Half step berubah menjadi "Diminished Fifth", dan apabila "Perfect fifth" dinaikkan setengah nada menjadi "Augmented Fifth"Chromatic interval berbeda dengan diatonic interval yang mempunyai jarak nada "Half step" dan "Whole step", pada "Chromatic interval" jarak antar semua nada berjarak "half step"Chromatic interval dari Root C:C ke C UnisonC ke Db Minor SecondC ke D Major SecondC ke Eb Third SecondC ke E Major ThirdC ke F Perfect FourC ke Gb Diminished FifthC ke G Perfect FifthC ke G# Augmented FifthC ke A Major SixC ke Bb Minor SeventhC ke B Major SeventhC ke C OctaveIni adalah nama dari interval-interval yang umum digunakan.

Knapa Harus belajar teori?Teori adalah "tools" buat musisi.. dengan mempelajari teori kita dapat mengetahui alasan kita bermain seperti itu, bagaimana cara bermain seperti itu, bagaimana cara menghasilkan musik yang seperti itu.. tentu saja ide-ide kita jadi berkembang lebih luas dengan adanya teori..Knapa harus belajar interval?Interval adalah awal dari bagaimana chord bisa terbentuk, harmoni bisa terbentuk.. Tentu saja kita harus mempelajarinya agar dapat mengetahui bagaimana susunan dasar dari sebuah chord.. pada saat anda sudah mengetahuinya dengan lebih baik, ini akan sangat membantu saat anda "transcribe" (dalam bahasa populernya ngulik) sebuah lagu, karena dengan menguasai interval, anda sudah dapat mengetahui susunan melodi dan chord tersebut, bahkan tanpa menggunakan alat musik.Interval (1)Yang membangun melodi dan harmoni adalah interval, dapat dikatakan interval adalah jarak antara dua nada. Contoh berikut akan menggambarkan jarak interval dari Nada pertama (Root), Jarak yang terkecil (jarak setengah nada/half step) hingga ke oktaf/octave.Contoh Interval Pada C Major ScaleC major Scale: C D E F G A B C1 2 3 4 5 6 7 8FIRST INTERVAL.....................Root/prime note/note awalSECOND INTERVAL.................Jarak dari C ke DTHIRD INTERVAL....................Jarak dari C ke EFOURTH INTERVAL................Jarak dari C ke FFIFTH INTERVAL....................Jarak dari C ke GSIXTH INTERVAL....................Jarak dari C ke ASEVENTH INTERVAL..............Jarak dari C ke BEIGTH INTERVAL....................Jarak dari C ke C yang lebih tinggi/octaveInterval-interval tersebut terdapat dalam C Major scale dan dinamakan Diatonic Interval. Ada dua macam interval dalam diatonic interval yaitu Major interval dan Perfect IntervalC ke C adalah UnisonC ke D adalah Major SecondC ke E adalah Major ThirdC Ke F Adalah Perfect fourC Ke G adalah Perfect FifthC Ke A Adalah Major SixthC Ke B Adalah Major Seventh

Swing 2berlatih untuk mendapatkan swing mungkin adalah hal yang cukup sulit saat pertama kali mempelajari musik jazz. Ada beberapa teknik yang mungjkin dapat membantu untuk melewati tahap ini.Kalau kita mendengarkan musisi jazz bermain, mungkin kita dapat merasakan swing, namun pada awalnya tentunya sulit untuk dapat main seperti mereka. Ada beberapa cara untuk berlatih agar kita mendapatkan "swing"1. Coba rekam permainan kamu, saat kamu bermain, setelah itu dengarkan, kita bisa menilai sendiri permainan kita apakah sudah baik atau belum. Apakah "swing"-nya terdengar dipaksakan atau belum.2. Cobalah bermain sendiri tanpa diiringi oleh rythm section. Ada beberapa orang beranggapan kalau kita tidak dapat bermain sendiri tanpa diiringi oleh rythm section kita tidak dapat bermain swing. Sangat penting untuk mengembangkan konsep kita mengenai swing tanpa harus diiringi oleh rythm section.3. Dengarkan Lagu Jazz terus menerus.. kalau bisa selama satu tahun sama sekali nggak ngedengerin musik selain musik jazz sama sekali. Untuk mendapatkan feel jazz seseorang harus mampu meresapi musik jazz itu sendiri. Setelah selesai setahun itu kamu baru bermain musik lain lagi. Namun feel swing akan tetap ada kalo dalam istilah sundanya "tos molotok" (aduuhh bahasanya aneh2 gini ya, pusing..)4. Dateng ke acara2 jazz.. dengerin saat mereka bermain.. sebenarnya bukan hanya mendengarkan, tapi harus menyimak..5. Latihan...... latihan swing tiap saat, saat kamu fingering, saat kamu latihan baca, dicoba not-nya dibaca dengan swing feel.

Hal paling penting dalam improvisasi adalah kreativitas. Ini adalah konsep paling vital yang harus dimengerti oleh seorang "improviser". Tujuannya adalah untuk memainkan apa yang dia dengar di kepalanya. Mengerti dasar-dasar musik sangat membantu untuk mencapai tujuan ini, karena dapat membantu ubtuk menghubungkan ide kita dengan teori yang sudah ada. Kemampuan teknis kita pada instrumen juga ikut membantu, kita dapat memainkan apa yang kita inginkan dengan lebih akurat dan tepat apabila kita menguasai instrumen kita dengan baik. Bagaimanapun kreativitas pasti dimulai dari satu hal yaitu inspirasi. Bagaimanapun itu bukan hal yang bisa diajarkan secara teoritis.Clark Terry merangkum proses kreatif sebagai.1. Imitasi2. Asimilasi/memilah3. inovasiBagaimanapun pada dasarnya tidak ada seorang musisi pun yang otodidak murni, dan tidak ada seorang musisi yang tidak otodidak sama sekali. Pada dasarnya setiap orang pertama belajar musik pasti mulai belajar dengan meniru permainan orang, itu alasannya mengapa tidak ada orang yang otodidak murni pada saat belajar musik. Dan setiap orang yang belajar pasti mengembangkan gaya permainan sendiri karena permainan musik itu personal.Meniru permainan orang adalah hal pertama dalam proses kreativitas bermusik. Setelah mampu meniru kita harus mapu menganalisa apa yang kita mainkan, sehingga saat kita ingin untuk menghasilkan nada seperti itu kita sadar dengan apa yang kita mainkan. dan kita mampu untuk melakukan perubahan dengan sntuhan kreativitas kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar